Tingkatkan Profesionalitas Kerja saat Pandemi, Kementerian PANRB Sediakan Konseling Bagi Pegawainya

Kesehatan mental merupakan hal yang mendapat perhatian belakangan ini. Kenyataan bahwa pandemi Covid 19 yang masih menghantui, hingga harus beradaptasi dengan tatanan normal baru hampir di segala lini kehidupan, membuat hal tersebut mempengaruhi psikologis diri pegawai hingga tak jarang berdampak pada performa kerja dan produktivitas. Menyadari hal tersebut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyediakan konseling bagi para pegawainya.

“Tujuannya lebih menarik, bukan hanya konseling kinerja, tapi juga pengembangan diri yang nantinya berkaitan dengan masalah karier,” kata Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Umum Kementerian PANRB Sri Rejeki Nawangsasih saat membuka kegiatan Sosialisasi Konseling Pegawai Kementerian PANRB bertema ‘Optimalisasi Diri Melalui Konseling’ secara daring, Kamis (10/6/2021). Konseling ini, dikatakan Sri, bebas dari intervensi Biro SDMU Kementerian PANRB sebagai penyelenggara dan dapat dijamin bahwa kerahasiaannya akan terjaga. Sehingga para pegawai memiliki wadah untuk menyalurkan permasalahan yang menjadi kendala maupun kebutuhannya untuk meningkatkan kualitas kinerjanya kepada para konselor yang profesional.

Adanya konseling kinerja ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pegawai. “Kita cari solusi untuk meringankan apa yang perlu disampaikan oleh pegawai, tapi tidak bisa disampaikan kepada atasan atau teman. Jika dimanfaatkan dengan baik, mudah mudahan bisa jadi solusi bagi kita dalam bekerja,” imbuhnya. Terkait pengembangan diri tersebut, Evangeline Imelda Suaidy, seorang Psikolog Klinis yang hadir sebagai narasumber dalam acara ini mengatakan bahwa adaptasi menjadi hal yang penting dalam dunia aparatur sipil negara (ASN).

Dibutuhkan passion dan perasaan gembira agar dapat mengembangkan kompetensi diri dengan lebih maksimal. Untuk itu, psikolog yang akrab dipanggil Eva ini mengajak para pegawai untuk mulai mengenali kapan dirinya harus melakukan konseling untuk pengembangan diri. “Jika mulai mengalami gelisah dan mempertanyakan kompetensi, itu saatnya butuh konseling,” terangnya.

Sementara itu, konseling akan dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom selama bulan Juni hingga November 2021. Satu sesi konseling dilakukan dengan durasi 1,5 jam untuk berkonsultasi. Konseling ini dapat diikuti oleh pegawai Kementerian PANRB dan juga keluarganya.

“Kepribadian yang sehat butuh konseling untuk feedback yang objektif dan positif dari sisi profesional,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.