Apindo: Pandemi Covid-19 Membuat Pelaku UMKM Tertekan

Ketua Bidang Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UKM) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Ronald Walla menilai, para pelaku UMKM merasa kesulitan akibat pandemi Covid 19. Ronald mengungkapkan, bahwa untuk membantu para pelaku UMKM dari tekanan akibat pandemi Covid 19 perlu adanya kebijakan dari pemerintah yang dapat membantu mereka. "Tentunya pemerintah harus menghadirkan sebuah kebijakan untuk UMKM agar dapat bertahan, dan juga maju di tengah pandemi Covid 19," ucap Ronald dalam diskusi virtual, Rabu (22/9/2021).

Ia juga mengatakan, salah satu kebijakan yang dapat diterbitkan pemerintah untuk UMKM adalah keringanan pajak yang dapat membuat mereka dapat bertahan. "Selai itu, terkait perizinan pun pemerintah harus lebih memperhatikan masyarakat yang ingin menjadi wirausaha," ucap Ronald. Dengan dipermudahnya perizinan, lanjut Ronald, maka akan banyak masyarakat yang akan menjadi pelaku usaha dan menggerakan ekonomi melalui UMKM.

"Perizinan ini juga membuat kesempatan bagi masyarakat menjadi pengusaha, dengan begitu mereka bisa maju setelah pandemi ini selesai," ucap Ronald. Selain itu perizinan juga dapat menjadi kunci, untuk masyarakat agar dapat tetap bertahan di tengah pandemi yang membuat pendapatan mereka tertekan. Pelaku UMKM ini, menurut Ronald, tentunya diharapkan dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia dan juga membuat masyarakat bisa lebih maju dari sisi pendapatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.