Mengenal Tentang Apa Itu Defi

Decentralized Finance atau yang biasa disebut juga dengan Defi ini sering sekali didengar di beberapa waktu terakhir ini. Terutama bagi mereka para pecinta crypto tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut.

Teknologi yang satu ini menghilangkan ketergantungan untuk perantara keuangan misalnya seperti bank, bursa, dan pialang. Banyak ahli yang telah melakukan analisa dari keberadaan Defi ini.

Bahkan ada juga dari mereka yang menyatakan keuntungan pemakaian yang mana dapat mempertahankan anonimitas. Tapi ada pula yang memberikan pendapat bahwa Defi ini bisa membunuh adanya sistem pembayaran yang telah ada sebelumnya, seperti bank atau fintech.

Menurut seorang CEO di salah satu perusahaan infestasi telah berpendapat bahwa Defi adalah teknologi blockchain dan cryptocurrency yang menghapus dari adanya perantara ketika melakukan transaksi. Di tengah itu tak ada faktor yang dapat membuat aktivitas bisa berjalan jadi semakin efisien, cepat, aman dan murah.

Pada intinya, sistem keuangan yang terdesentralisasi dapat memberikan kemungkinan bagi para  peminjam, pemberi pinjaman,  pembeli, untuk bisa berinteraksi satu sama lain tanpa perlu melibatkan diri mereka sendiri dengan adanya perantara misalnya dari institusi, perusahaan, dan bank.

Defi ini dibangun di atas Ethereum, yang merupakan salah satu platform crypto terbesar nomor dua di dunia. Para penggunanya melakukan kontrak pintar yang beroperasi secara mandiri dalam fasilitas transaksi dan kontrak.

Defi ini sifatnya transparan serta dapat diakses oleh semua orang. Bagi setiap penggunanya masing-masing mempunyai kontrol secara penuh untuk aset mereka serta berinteraksi melalui teknologi dan juga aplikasi yang terdesentralisasi. Pemakaian defi ini bermuara pada kebebasan.

Ekosistem tersebut mendemonstrasikan pasar crypto dengan tujuan agar bisa mempertahankan anonimitas serta kepercayaan. Sedangkan manfaat dari defi salah satunya yaitu bisa dipakai dalam pertukaran yang terdesentralisasi. Transaksi ini hanya membutuhkan alamat dari dompet digital yang valid serta yang didanai oleh crypto.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami paparkan di atas mengenai apa arti dari Defi itu sendiri. Ini adalah hal penting yang perlu anda ketahui, terutama bagi anda yang mulai berkecipung di dunia crypto.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.