Siapa itu HAMAS? Kelompok Militan Palestina yang Tembakkan Roket ke Israel

Hamas adalah gerakan militan Palestina yang juga merupakan satu di antara dua partai politik besar di wilayah itu, jelas Council on Foreign Relations (CFR), sebagaimana diwartakan . Selama bertahun tahun, Hamas telah melakukan penembakan, pemboman, dan serangan roket ke wilayah Israel. Sejak 2008, gerilyawan Israel dan Hamas di Gaza telah berperang sebanyak tiga kali di lintas perbatasan dan telah mengalami banyak pertempuran sejak kelompok itu menguasai Gaza pada 2007.

Israel sering melancarkan operasi militer mematikan untuk menyerang kelompok bersenjata Palestina itu. Pada Senin (10/5/2021), Israel melakukan beberapa serangan udara di Gaza, dan kemudian Hamas membalasnya dengan menembakkan roket ke Tel Aviv. Kata BBC, bagi para pendukungnya, Hamas dipandang sebagai gerakan perlawanan yang sah.

"Hamas adalah organisasi perlawanan, yang juga bertanggung jawab untuk mengelola Jalur Gaza," kata para peneliti di The Conversation. Hamas adalah kelompok terbesar dari beberapa kelompok Islam militan Palestina, jelas BBC News. Nama Hamas adalah akronim Arab untuk Gerakan Perlawanan Islam, atau Harakat al Muqawama al Islamiya.

Hamas didirikan oleh Sheikh Ahmed Yassin, seorang ulama Palestina. Dia menjadi seorang aktivis di cabang lokal Ikhwanul Muslimin setelah mendedikasikan kehidupan awalnya untuk beasiswa Islam di Kairo. Sejak akhir 1960 an, Yassin berkhotbah dan melakukan pekerjaan amal di West Bank dan Jalur Gaza, keduanya diduduki oleh pasukan Israel setelah Perang Enam Hari 1967, CFR menjelaskan.

Yassin menetapkan Hamas sebagai lengan politik lokal Ikhwanul Muslimin pada bulan Desember 1987. Ini menyusul pecahnya intifada pertama, pemberontakan Palestina melawan kendali Israel atas West Bank, Gaza, dan Yerusalem Timur. Hamas kemudian muncul di garis depan perlawanan bersenjata terhadap Israel.

Sayap militer yang berafiliasi dengan Hamas, Brigade Izz al Din al Qassam, telah melakukan serangan anti Israel. Hamas juga mengelola jaringan Dawa atau kegiatan pelayanan yang luas, yang sebagian besar berbasis di Gaza, yang mencakup kegiatan amal, sekolah, klinik, kamp pemuda, penggalangan dana, dan kegiatan politik, jelas Departemen Luar Negeri AS. Basis utama operasi Hamas adalah di Jalur Gaza, daerah kantong pesisir dari 1,7 juta warga Palestina.

Dari sini ia tetap menjadi otoritas de facto tak lama setelah penarikan sepihak Israel pada tahun 2005, CFR menambahkan. Sederhananya, Hamas menolak untuk mengakui Israel, dan ingin orang orang Palestina dapat kembali ke apa yang mereka anggap sebagai rumah lama mereka. Pada 1988, di bawah piagam kelompok militan Islam, kelompok itu mengatakan bahwa mereka berkomitmen untuk menghancurkan Israel.

Dalam piagam pendiriannya, Hamas menyerukan untuk mendirikan negara Islam di Palestina yang bersejarah. Ini adalah wilayah antara Mediterania dan Sungai Jordan, yang juga termasuk Israel. Di sisi lain, Israel menganggap Hamas bertanggung jawab atas semua serangan dari Jalur Gaza.

Mesir, bersama dengan Israel, telah memberlakukan blokade perbatasan yang melumpuhkan Jalur Gaza yang dikuasai Hamas sejak kelompok itu merebut wilayah itu pada 2007. Israel mengontrol sebagian besar perbatasan dan wilayah pesisir Gaza, memutuskan siapa yang dapat masuk dan keluar dari Gaza, termasuk barang. Hamas menuntut Israel menghentikan pembatasannya.

Hamas mengklaim Israel menduduki tanah Palestina dan menolak pendudukan dengan meluncurkan serangan roket dari Gaza, sementara Israel membalas serangan tersebut dengan kekuatan lebih lanjut. Jet tempur Israel telah menyerang gedung gedung bertingkat tinggi dan target lainnya di Jalur Gaza pada hari Kamis (13/5/2021). Dikutip dari , serangan itu terjadi saat warga Palestina di daerah kantong yang terkepung bangun untuk menyambut hari raya keagamaan Idul Fitri di bawah pemboman udara tanpa henti.

Sejak serangan Israel dimulai pada Senin malam, kementerian kesehatan Gaza mengatakan setidaknya 83 orang, termasuk 17 anak anak, telah tewas. Lebih dari 480 lainnya terluka. Setidaknya enam orang Israel juga tewas. Tentara Israel mengatakan ratusan roket telah ditembakkan dari Gaza ke berbagai lokasi di Israel dan mereka telah menambahkan bala bantuan di dekat tanah timur kantong itu. Ada juga konfrontasi yang lebih kejam antara orang Yahudi Israel dan warga Palestina di Israel di beberapa kota di Israel.

Militer Israel mengklaim lebih dari 1.600 roket telah diluncurkan dari Gaza ke Israel sejak pertempuran terbaru dimulai pekan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.